STUDI IMPLEMENTASI SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DEWI SARTIKA KOTA KENDARI TAHUN 2022

Authors

  • Fionitha Wastuti Universitas Halu Oleo
  • Suhadi Suhadi Universitas Halu Oleo
  • Asnia Zainuddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.11

Keywords:

Implementasi, Keselamatan pasien, Rumah sakit, Perawat

Abstract

Latar Belakang : Keselamatan pasien adalah masalah kesehatan masyarakat global yang serius. Ada kemungkinan 1 dari 1 juta orang terluka saat bepergian dengan pesawat. Sebagai perbandingan, ada kemungkinan 1 dari 300 pasien terluka selama perawatan kesehatan. Industri dengan persepsi risiko yang lebih tinggi seperti industri penerbangan dan nuklir memiliki catatan keselamatan yang jauh lebih baik daripada perawatan kesehatan.

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi sasaran keselamatan pasien di Rumah Sakit Dewi Sartika Kendari Tahun 2022

Metode : Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan independent interview. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 sampai selesai dengan lokasi penelitian adalah Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kota Kendari. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 4 orang.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi terkait pasien diidentifikasi sebelum dilakukan tindakan berjalan dengan optimal, implementasi terkait meningkatkan komunikasi yang efektif sudah berjalan dengan baik, implementasikan regulasi mengenai keamanan obat yang perlu di waspadai secara optimal, implementasi berupa penerapan tepat-lokasi, tepat-prosedur dan tepat-pasien operasi yang sudah berjalan sebagaimana mestinya, implementasi sasaran berupa dikuranginya resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan masih sangat rendah, implementasi sasaran berupa mengurangi resiko cedera pasien jatuh sudah berjalan dengan baik. Sebaiknya para perawat diberikan pelatihan kembali terkait masalah keselamatan pasien di rumah sakit untuk mencegah kecelakaan di rumah sakit.

Kesimpulan : Secara keseluruhan implementasi sasaran keselamatan pasien rumah sakit yang di lihat dari aspek ketepatan identifikasi pasien, aspek peningkatan komunikasi yang efektif, aspek peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai, aspek kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, dan tepat-pasien-operasi, dan aspek pengurangan pasien jatuh di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari sudah berjalan dengan baik dan optimal. Sedangkan dari aspek pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari masih sangat rendah. Sehingga perlu meningkatkan SOP keselamatan pasien dan memberikan pelatihan kepada perawat terkait keselamatam pasien.

References

Setyarini EA, Herlina LL. Kepatuhan Perawat Melaksanakan Standar Prosedur Operasional Pencegahan Pasien Resiko Jatuh di Gedung Yosep 3 Dago dan Surya Kencana Rumah Sakit Borromeus. Kesehat STIKes St Borromeus. 2013;94–106.

WHO. Factors On Patient Safety. 2018.

Hanisi S, Haryanti F, Meliala A. Kepatuhan Dan Komunikasi Perawaat Saat Handover Terhadap Kejadian Nyaris Cedera (HDC) Di Ruang Rawat Inap Asoka RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. 2016.

PERSI. Membangun Budaya Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Lokakarya. 2016.

Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1691/MENKES/PER/VIII/2011 Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit. 2011.

Febriani S, Yusuf. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2015. 1–76 p.

Komisi Akreditas Rumah Sakit. Instrumen Survei Standar Nasional Akreditas Rumah Ssakit. Vol. 1, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. p. 1–222.

Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien [Internet]. 2017. Available from: https://tel.archives-ouvertes.fr/tel-01514176

Nurani S, Sudiro S. Analisis Efektivitas Komunikasi Tulis Baca Konfirmasi dalam Sasaran Keselamatan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Jepara. J Manaj Kesehat Indones. 2019;7(2):142–50.

Setiyani MD, Zuhrotunida, Syahridal. Implementasi Sasaran Keselamatan Pasien Di RUang Rawat Inap Rsu Kabupaten Tangerang. JKFT. 2016;2:59–69.

Neri RA. Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman Tahun 2018. 2018.

Cintha GLM, Suryoputro A, Jati SP. Analisis Pelaksanaan Identifikasi Pasien Dalam Rangka Keselamatan Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. J Kesehat Masy. 2016;4:2356–3346.

Cahyono J. membangun Budaya Keselamatan Pasien Dalam Praktek Kedokteran. Jakarta; 2008.

Depkes RI. Panduan Nasional keselamatan Pasien Rumah Sakit. 2006.

Downloads

Published

2024-04-29