HUBUNGAN STRES KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2023

Authors

  • Ummu Syakirah Universitas Halu Oleo
  • Yasnani Yasnani Universitas Halu Oleo
  • Rahman Rahman Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.12

Keywords:

Stres kerja, Disiplin kerja, Kinerja perawat

Abstract

Latar Belakang: Stres kerja sangat berpengaruh terhadap kinerja perawat, semakin tinggi stres kerja yang dialami maka akan berdampak buruk terhadap kinerja Perawat. Manajemen sumber daya manusia yang paling penting adalah disiplin kerja, dengan memiliki disiplin kerja yang baik, maka perawat tersebut memiliki rasa tanggung jawab penuh dengan pekerjaannya di dalam bekerja sehingga disiplin kerja merupakan bagian dari kinerja seorang perawat dalam melaksanakan pekerjaannya. penyebab stress di tempat kerja disebabkan oleh beban pekerjaan, seperti target, hubungan interpersonal dengan atasan atau rekan kerja lain. Dari hasil survei wawancara kepada beberapa perawat di ruang Rawat Inap, didapatkan informasi bahwa perawat yang bertugas di ruang rawat inap mengalami gejala stress yang disebabkan  pembagian waktu shift kerja yang tidak merata, dimana yang bertugas shift pagi dan siang hanya berlangsung  selama 6 jam sedangkan shift malam berlangsung selama 12 jam. Dalam hal disiplin kerja, manajemen waktu yang kurang baik mempengaruhi efektifitas dan efisien perawat untuk mematuhi, menaati peraturan, prosedur, serta kebijakan yang ada sehingga mempengaruhi kinerja perawat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja perawat di ruang rawat inap Rsud bahteramas provinsi sulawesi tenggara tahun 2023.

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan menggunakan pendekatan desain Cross Sectional. Jumlah sampel adalah 148 perawat dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Analisis yang digunakan yakni analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian terdapat hubungan antara stres kerja (value=0,001) dan disiplin kerja (value=0,002) terhadap kinerja perawat.

Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja dan disiplin kerja dengan kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023.

References

Aprilia, F. Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. JOM Fekon, (2017).4 (1).

Enah Pahlawati, Erita Norman, R. K. S. Dampak Stres Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perawat RSUD Kota Bogor Pada Masa Pandemi Covid-19. Religion Education Social Laa Roiba Jurnal, (2022).4 (1), 101–119.

Giri Arum Khoirunnisa, Dwi Nurmawaty, Rini Handayani, G. V. Gambaran Stres Kerja Pada Rumah Sakit Umum Holistic Purwakarta. Kesehatan Masyarakat, (2021).2 (1), 1–10.

Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. In Bumi Aksara. (2011).

Heidjrachman. Organisasi dan Manajemen Perilaku Struktur dan Proses, Erlangga, Jakarta. (2003).

Hijayanti, S. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Dustira Cimahi, Jawa Barat. Jurnal Health Sains, (2020).1 (4), 34–225.

Hulwani et., A. Hubungan Disiplin Dan Kompensasi Dengan Kinerja Perawat Unit Pelayanan Khusus Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, (2022). 6(1), 58–67.

Kirana Vallennia, Atik Atikah, F. N. A. Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Equilibrium Manajemen. (2020).

Marro Arifah, Helmi Buyung Aulia Safrizal, A. . F. Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Perawat Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Management and Business Review, (2020).4 (2), 88–98. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i2.5177,

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018, 1 (2018).

Nainggolan, V. R. (2018). Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di RSU Bina Kasih Medan Tahun 2017. In Sripsi Sarjana. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara.

RSUD Bahteramas. Capaian Standar Pelayana Minimal Tahun 2018. RSUD Bahteramas. (2018).

RSUD Bahteramas. Laporan Kinerja Instansi Pemerintah RSUD Bahteramas 2019. (2019).

Setyawati, Aryani, N. Stres Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Riset Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, (2018).3 (3), 12–405.

Wollah, M, O, Sefti, R. & K. Hubungan Antara Stres Kerja Perawat Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Dan Intensive Care Unit Rsu Pancaran Kasih Gmim Manado. Keperawatan, V. (2017).5 (2), 1–7. https://ejournal.unsrat.ac.id/.

Downloads

Published

2024-04-29