PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA JKN DI PUSKESMAS POASIA TAHUN 2022

Authors

  • Kresencia Nadya Randebuga Universitas Halu Oleo
  • Nani Yuniar Universitas Halu Oleo
  • La Ode Ali Imran.A Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.13

Keywords:

Jaminan kesehatan nasional, Kepuasan pasien, Kualitas pelayanan petugas kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah aspek penting dalam mengukur kualitas pelayanan kesehatan. Di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) puskesmas diminta untuk fokus pada akses dan efisiensi, namun hal ini tidak diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan. Permasalahan kualitas layanan yang terjadi dikarenakan tidak adanya keterlibatan pasien dalam penyusunan kebijakan, kompetensi SDM yang belum memadai, alokasi sumber daya yang minim, budaya mutu dan keselamatan pasien rendah, sarana dan prasarana yang belum memadai, hak pasien yang diabaikan, serta penggunaan antibiotik yang berlebihan.

Tujuan: Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan petugas kesehagan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta JKN di Puskesmas Poasia.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan peserta JKN di Puskesmas Poasia sebanyak 2.542 pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan besar sampel 153 orang.

Hasil: Hasil penelitian dari hasil uji T-Test Parsial didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Effectiveness (X2) dengan nilai signifikan 0,001, variabel Patient Centered (X3) dengan nilai signifikan 0,000, variabel Timeliness (X4) dengan nilai signifikan 0,012, variabel Efficiency (X5) dengan nilai signifikan 0,014, dan variabel Equitable (X6) dengan nilai signifikan 0,000 terhadap variabel Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta JKN (Y). Sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Safety (X1) dengan nilai signifikan 0,072 terhadap variabel Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta JKN (Y). Besar pengaruh variabel kualitas pelayanan petugas kesehatan tersebut terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta JKN dilihat dari R square (R2) adalah 0,647 (64,7%) sedangkan sisanya sebesar 35,3% berada pada variabel lain di luar dari variabel Safety, Effectiveness, Patient Centered, Timeliness, Efficiency dan Equitable.

Kesimpulan: Variabel safety tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan variabel effectiveness, patitent centered, timeliness, efficiency dan equitable berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Sehingga bagi pihak Puskesmas diharapkan dapat mempertahankan atau menibngkatkan kualitas pelayanan petugas kesehatan yang diberikan khususnya untuk pasien Jaminan Kesehatan Nasional.

References

Gurning Firtriani Paramita. Dasar Administrasi & Kebijakan Kesehatan Masyarakat. K-Media. Yogyakarta; 2018.

Mundung R, Wowor R, Maramisi FRR. Pengaruh Persepsi Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Motoling Barat. Fak Kesehat Masyaralat Univ Sam Ratulangi Manad [Internet]. 2019;53(9):1689–99.

Anggraini AR, Oliver J. Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Air Itam Kota Pangkalpinang. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2019. 1689–1699 p.

Puskesmas Poasia. Profil Puskesmas Poasia. 2021.

Dinas kesehatan kota kendari. Data Sekunder Rekap Laporan Peserta JKN Puskesmas Kota Kendari. 2022.

Wulandari A. Analisis kepuasan pasien terhadap pengendalian mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit haji makassar. Skripsi. 2018;20–2.

Dewi KIL, Yulianthini NN, Telagawathi NLWS. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja. Manajemen. 2019;5(2):82–92.

Ilmiah S& AE. Improving The Quality of Health Services With The Implementation of Patient Safety Effort In Rengel Puskesmas. Int J Nutr Heal Adm. 2022;1(1):42–7.

Nijyoti N, Indrayathi PA, Wirawan IMA. Perceived quality of primary healthcare services among the National Health Insurance members and fee for service patients in the West Denpasar II Public Health Center Bali, Indonesia. Public Heal Prev Med Arch. 2020;8(1):60–5.

Primaguna Muhammad Reza. . Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Layanan Rawat Jalan Di RSUD Kota Kendari. Makassar; 2018.

Anisa Mila. Analisis Pengaruh Penanganan Komplain Dan Citra Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Situs Online BPJS Kesehatan. 2020.

Pramudya MR, Sudirman S, Rosnawati R. Effect of Service Quality on Patient Satisfaction at Mabelopura Health Center. Int J Heal Econ Soc Sci. 2021;3(2):140–9.

Reswari RA. Analisis Keadilan Layanan Pada Kepuasan Pasien BPJS Golongan I di Rumah Sakit Pemerintah Tipe B Kalimantan Barat. Equator J Manag Entrep. 2021;9(2):118–32.

Downloads

Published

2024-04-29