GAMBARAN KESIAPAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK (RME) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Nurul Aprilyani Rusmulia Universitas Halu Oleo
  • Nani Yuniar Universitas Halu Oleo
  • Sri Tungga Dewi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.15

Keywords:

Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik (RME), SDM, Budaya kerja organisasi, Tata kelolah dan kepemimpinan, Infrastruktur

Abstract

Latar Belakang: Rekam medis elektronik (RME) merupakan versi digital dari rekam medis konvensional yang biasa digunakan di fasilitas kesehatan. Diindonesia diwajibkan menyelenggarakan RRME hingga 31 desember 2023. Namun, dalam proses penerapan RME di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara terdapat beberapa kendala dan penerapan RME yang membutuhkan banyak tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Direktur RS, Kepala Bidang Informasi dan Rekam Medis, Kepala Sistem Rekam Medis, Petugas Rekam Medis, dan Dokter. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan trianggulasi data.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa pada variabel SDM, jumlah Staf Klinis dan Administrasi dalam persiapan penerapan RME sudah memadai dan telah mendapatkan pelatihan. Pada variabel budaya kerja organisasi, sangat mendukung penerapan rekam medis elektronik (RME) karena memiliki banyak manfaat. Pada variabel Tata Kelola dan Kepemimpinan, Strategi tata kelola dalam penerapan RME difokuskan terutama pada unit rawat jalan dan kepemimpinan terlibat secara aktif dalam pengambilan keputusan dan telah memberikan pelatihan kepada staf-staf dan para dokter. Pada variabel infrastruktur, kebutuhan teknologi informasi dalam penerapan RME termasuk komputer belum semua terpenuhi.

Kesimpulan: Kesiapan penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara menggunakan metode DOQ-IT secara umum sudah siap, meskipun dalam beberapa komponen masih ada yang belum terpenuhi. Sehingga, perlu adanya langkah-langkah perbaikan dan penyesuaian lebih lanjut untuk memastikan semua komponen yang belum terpenuhi dapat diatasi.

References

Hidayatuloh C. Analisis SIMRS Terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan Di Era Digital Dalam Mendukung Implementasi Rekam Medis Elektronik. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Indonesia [Internet]. 2023;3(2):65–71. Tersedia pada: https://doi.org/10.55606/jikki.v3i2.1603

Tania A, Putri D, Kesehatan MP, Administrasi D, Kesehatan K, Ilmu F, et al. Challenges in implementing electronic medical record in Indonesia healthcare facilities. Jurnal Media Hutama. 2023;4(3):3427–31.

Khasanah M. Tantangan Penerapan Rekam Medis Elektronik Untuk Instansi Kesehatan. Jurnal Sainstech Politek Indonusa Surakarta. 2020;7(2):50–3.

Maha Wirajaya. Analisis Kesiapan Rumah Sakit Dharma Kerti Tabanan Menerapkan Rekam Medis Elektronik. Jurnal Kesehatan Vokasional. 2020;5(1):1.

Tuti. Faktor-Faktor Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Elektronik Instalasi Rawat Jalan Rsup Prof Dr . R . D Kandou Manado. Jurnal Kesehat Tambusai. 2023;4:1210–23.

Demlinur. Tantangan SIMRS dalam Penerapan Rekam Medis Elektronik Berdasarkan Permenkes 24 Tahun 2022 : Literature Review. 2023;1(1).

Permenkes. Rekam Medis. Vol. 33, Braz Dent J. 2022. 1–12 hal.

Hapsari MA, Mubarokah K. Analisis Kesiapan Pelaksanaan Rekam Medis Elektronik (RME) Dengan Metode Doctor’s Office Quality-Information Technology (DOQ-IT) di Klinik Pratama Polkesmar. J-REMI Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. 2023;4(2):75–82.

Wulansari I, Purnami CT, Prasetijo AB. Tantangan dan Dukungan dalam Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit. VISIKES Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2023;22(1):39–47.

Pratama MH, Darnoto S. Analisis Strategi Pengembangan Rekam Medis Elektronik Di Instalasi Rawat Jalan Rsud Kota Yogyakarta. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2017;5(1):34.

Khotimah. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi aan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Pondok Indah. Jurnal Ekonomi. 2021;23(1):31.

Rachmawaty et al. Analisis Kesiapan penerapan Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. 2022;1(3):82–91.

Downloads

Published

2024-04-29