ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) PADA UNIT REKAM MEDIS DI RSUD KABUPATEN BUTON TAHUN 2023

Authors

  • Indriati Pratiwi Universitas Halu Oleo
  • La Ode Ali Imran.A Universitas Halu Oleo
  • Devi Savitri Effendy Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.23

Keywords:

implementasi, SIMRS, Rekam medik

Abstract

Latar Belakang: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada unit rekam medis adalah sistem informasi berbasis komputer yang digunakan sabagai gudang penyimpanan informasi secara elektronik mengenai status kesehatan serta layanan kesehatan yang diperoleh pasien. Di Indonesia diwajibkan setiap rumah sakit menerapkan SIMRS, berdasarkan UU No. 44 Tahun 2009. Namun, dalam proses implementasi SIMRS dalam unit rekam medis di RSUD Kabupaten Buton terdapat beberapa kendala seperti pada jaringan internet yang kurang baik, dan pengguna sistem yang belum menguasai aplikasi yang digunakan.

Tujuan: Mengetahui implementasi SIMRS pada unit rekam medik di RSUD kabupaten Buton tahun 2023 dilihat dari komponen manusia, organisasi, dan teknologi.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif case study. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Direktur RS, Petugas IT, kepala ruangan, dan staf RM. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan trianggulasi data.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa pada variabel human, staf rekam medik sudah mengikuti pelatihan namun staf rekam medik dalam menjalankan SIMRS belum sepenuhnya baik. Pada variabel organization, belum ada dukungan yang diberikan oleh manajemen puncak, fasilitas yang disediakan masih kurang, performa komputer juga lambat karena spesifikasi RAM yang kecil, dan belum ada SOP penggunaan SIMRS. Pada variabel technology, informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Kesimpulan: Penerapan sistem informasi manajemen (SIM) rekam medis sudah tergolong baik, tetapi dalam implementasinya masih terdapat beberapa kendala, sehingga perlu adanya perbaikan dalam penerapan SIM rekam medik.

References

Diantono P, Winarno WW. Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode Hot-Fit Di RSUD Dr . Soedirman Kebumen. J Ilm Penelit Dan Penerapan Teknol Sist Inf. 2018;2(1):46–56.

Agustina GR, Susilani AT. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) pada Bagian Pendaftaran Rawat Jalan dengan Metode HOT-FIT Evaluation Of Hospital Management Information System ( SIMRS ) On Registration Outpatient With Hot-Fit Menurut WHO pengertian Penilaian Men. Pros Semin Multimed Artif Intell. 2018;Vol. 1(84):75–80.

Alamsyah D. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Yogyakarta : Nuha Medika; 2018. 46 hal.

Anggita SD. Proses Perencanaan Basis Data Sistem Rekam Medis Rawat Jalan Puskemas. It (Informatic Tech J. 2018;6(2):111–23.

Apriliyani S. Penggunaan Rekam Medis Elektronik Guna Menunjang Efektivitas Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Klinik Dr Ranny. J Ilm Indones. 2021;1(10):1399–410.

Gunarti R, Wati NWKW, Amin M. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik di Laboratorium Rekam Medis Stikes Husada Borneo. J Kesehat Indones (The Indones J Heal. 2021;XII(1):48–54.

Hadi A, Asrori, Rusman. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Purwokerto Selatan : Cv. Pena Persada; 2021. Hal 12–20.

Hidayat F. Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Deepublish : Yogyakarta; 2020. Hal 34.

Husni M, Putra Dm. Analisis Implememntasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada Unit Kerja Rekam Medis Di Rsu ‘Aisyiyah Padang. J Kesehat Lentera ‘Aisyiyah. 2019;2(1):19–26.

Imron I. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesia J Softw Eng. 2019;5(1):19–28.

Indrayati L. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Rsud Beriman Balikpapan. Universitas Hasanuddi; 2021.

Kemenkes RI. Sistem Informasi Rumah Sakit [Internet]. KEMENKES. 2016. Hal 1. Tersedia pada: https://manajemenrumahsakit.net/2016/12/baru-48-rumah-sakit-di-indonesia-yang-memiliki-simrs-fungsional/

Kemenkes RI. Kebijakan Digitalisasi Rumah Sakit [Internet]. KEMENKES. 2020. Hal 5. Tersedia pada: https://persi.or.id/wpc- content/uploads/2020/07/materi_drandi_web%0A160720.pdf. %0A

Lolo A, Nugroho E, Studi P, Informasi M, Pascasarjana S. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Menggunakan Metode Hot-Fit di Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Tora Belo Kabupaten Sigi. J Inf Syst Public Health. 2018;3(2):69–85.

Mathar I. Manajemen Informasi Kesehatan Pengelolaan Dokumen Rekam Medis. Deepublish : Yogyakarta; 2018. Hal 63.

Downloads

Published

2024-04-29