HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN POLI KIA PUSKESMAS POASIA KOTA KENDARI TAHUN 2023

Authors

  • Dea Annisa Mahmuda Universitas Halu Oleo
  • Sartiah Yusran Universitas Halu Oleo
  • Agnes Mersatika H Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.25

Keywords:

Mutu Pelayanan, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati, Bukti fisik, Kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan Kesehatan berkaitan erat dengan kepuasan pasien dan menjadi salah satu alat ukur keberhasilan kualitas pelayanan Kesehatan. Kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan Kesehatan. Pelayanan Kesehatan dikatakan berhasil Ketika dapat memberikan kepuasan kepada pasien, sedangkan ketidakpuasan merupakan masalah yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki mutu pelayanan Kesehatan. Puskesmas Poasia merupakan salah satu puskesmas yang berada di Kecamatan Poasia Kota Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien poli KIA Puskesmas Poasia.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Puskesmas Poasia sejumlah 408  pasien pada bulan Januari – Oktober tahun 2023. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 198 responden dengan teknik sampling yang digunakan Accidental Sampling.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kehandalan (0,024), empati (0,001), bukti fisik (0,002) terhadap tingkat kepuasan pasien poli KIA, dan tidak ada hubungan antara daya tanggap (0,273) dan jaminan (0,296) terhadap tingkat kepuasan pasien poli KIA Puskesmas Poasia Kota Kendari Tahun 2023.

Kesimpulan: Ada hubungan antara kehandalan, empati, bukti fisik terhadap tingkat kepuasan pasien poli KIA, dan tidak ada hubungan antara daya tanggap dan jaminan terhadap tingkat kepuasan pasien poli KIA Puskesmas Poasia Kota Kendari Tahun 2023. Sehingga perlunya pengelolaan keluhan secara baik dalam praktek pelayanan sehari-hari, sehingga jika dimungkinkan perlu dibentuk suatu unit yang berfungsi untuk melakukan monitoring kepada masyarakat tentang kritik dan saran melalui kotak saran yang telah disediakan dan kegiatan-kegiatan yang menciptakan partisipasi masyarakat dalam menanggapi keluhan masyarakat yang diadakan oleh pihak Puskesmas Poasia tiap bulannya.

References

Fahriani M, Ningsih I. DA. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Masa Pandemi Covid-19. J Bidan Cerdas. 2021;3(4):199–207.

Aprina Hetikus Taekab, Chriswardani Suryawati WK. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018. J Kesehat Masy. 2019;7(1):31–40.

Aprina Hetikus Taekab, Chriswardani Suryawati WK. Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten semarang Tahun 2018. J Kesehat Masy. 2019;7(1):31–40.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2021. Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. 2021. Kementrian Kesehat. Republik Indones.

Kemenkes R1. Profil Kesehatan Indonesa 2019 [Internet]. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. 487 p. Available from: https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-indonesia-2019.pdf

Manorek L, Tucunan AAT, Ratag BT. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pingkan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. J KESMAS. 2020;9(2):1–6.

Satria B. Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poli Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Plus Perbaungan. J Penelit Kesmasy. 2021;3(2):57–62.

Putri GD, Afriyani LD. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Sepaso Kecamatan Bengalon. J Holistics Heal Sci. 2021;3(2):194–200.

Zumria, Narmi, Tahiruddin. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. J Ilm Karya Kesehat. 2020;1(1):76–83.

Moshinsky M. Profil Kesehatan IBu dan Anak 2022. Nucl Phys. 2022;13(1):104–16.

Ariyanti S, Rahmat R, Surtikanti S, ... Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang IGD. J Keperawatan. [Internet]. 2022;3. Available from: https://www.journal.unisa-bandung.ac.id/index.php/jka/article/download/347/201

Ekasari R, Pradana MS, Adriansyah G, Prasnowo MA, Rodli AF, Hidayat K. Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. J Darussalam J Pendidikan, Komun dan Pemikir Huk Islam. 2017;9(1):82.

Sulaiman S, Anggriani A. Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar. J Endur. 2019;4(2):252.

Indah R, Yago M, Nangi MG. Hubungan Mutu Pelayanan KIA dengan Metode Fuzzy Serviqual di Puskesmas Nambo Relationship between MCH Service Quality with Fuzzy Serviqual Method at Nambo Health Center. 2023;2(1).

Mariska Z, Shihab M. Pengaruh Dimensi Service Quality Terhadap Kepuasan Tamu Hotel dan Dampaknya Terhadap Behaviour Intention (Studi Kasus Pada Hotel Aston Kuningan Suites-Jakarta). J Manaj Dan Bisnis Sriwij. 2016;14(2):217–34.

Downloads

Published

2024-04-29