HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PESISIR DESA KATELA DI PUSKESMAS TIKEP KABUPATEN MUNA BARAT TAHUN 2023

Authors

  • Waode Ningsih Agustina Universitas Halu Oleo
  • Yasnani Yasnani Universitas Halu Oleo
  • Agnes Mersatika H Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.26

Keywords:

Kualitas pelayanan, Kehandalan, Daya tanggap, Bukti fisik, Jaminan, Empati

Abstract

Latar Belakang: Menurut data dari Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat pada tahun 2018-2023 dari 1.200 Penduduk Desa Katela, hanya sebanyak 143 orang yang mengunjungi Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat.Kunjungan tersebut dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan atau mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan ((kehandalan (reliability), daya tanggap (responsive), bukti fisik (tangible), jaminan (asurance) dan empati (emphaty)) terhadap kepuasan masyarakat pesisir Desa Katela di Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat Tahun 2023.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Survei analitik. Penelitian ini menggunaan desain cross-sectional. Sampel yang dijadikan reponden pada penelitian ini, sebanyak 105 orang yang berada di wilayah Pesisir Desa Katela Di Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat Tahun 2023 dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis yang digunakan yaitu univariat dan bivariat. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square

Hasil: Hasil penelitian terdapat hubungan antara kehandalan (reliability), daya tanggap (responsive), bukti fisik (tangible), jaminan (asurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan masyarakat pesisir desa katela di Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat Tahun 2023 dengan nilai p value 0,000 dan 0,001 < 0,05.

Kesimpulan: Ada hubungan antara kualitas pelayanan melalui variabel kehandalan (reliability),  daya tanggap (responsive), bukti fisik (tangible), jaminan (asurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan masyarakat pesisir Desa Katela di Puskesmas Tikep Kabupaten Muna Barat Tahun 2023.

References

Ampu, M. N., & Fitriyaningsih. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Desa Suanae ( Puskesmas Eban ) Berdasarkan Pasal 5 ayat ( 1 ) dan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional a: Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2020;02(05), 167–174.

Amri, A. D., Pratama, R. F., Setiawan, A. A., & S, M. I. Persepsi masyarakat terhadap tingkat kepuasan pelayanan bpjs kesehatan di kota jambi dalam perspektif islam. 2023;5, 99–118.

Gakoi, A. G. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan BPJS Kesehatan di Faskes Dasar Trowulan Mojokerto. Paradigma, 2020;1–16. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37369

Hasanah, Y., Dai, R. M., & Sari, D. S. Implementasi Kebijakan Fungsi Puskesmas Selama Pandemi Covid 19 Di Puskesmas Margahayu Selatan Kabupaten Bandung. Responsive, 2021;3(4), 223. https://doi.org/10.24198/responsive.v3i4.33339

Indonesia, P. D. S.. Penatalaksanaan Khusus Stroke Akut, PERSI : Jakarta. 2011

Lautetu, L. M., Kumurur, V. A., & Warouw, F. Karakteristik Permukiman Masyarakat Pada Kawasan Pesisir Kecamatan Bunaken. Karakteristik Permukiman Masyarakat Pada Kawasan Pesisir Kecamatan Bunaken, 2019;6(1), 126–136.

Novira, A., Priatna, R., & Pradesa, H. A. Peran Kualitas Layanan Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Puskesmas Kabupaten Sumedang. Jemap, 2020;3(2), 287. https://doi.org/10.24167/jemap.v3i2.2828

TI, J. Halaman Sampul. Jurnal Teknologi Informasi, 2020;4(2). https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1845

Umpung, F. D., Pertiwi, J. M., Ester, G., & Korompis, C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Minahasa Tenggara Pada Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 2020;1, 18–27.

Putra, Mahardhika. “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara Tahun 2016”. Thesis. USU;2016.

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. “Perilaku Pasien – PendekatanPraktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian” . Yogyakarta: 2013

Saraswati, Adinda. “Pengaruh Citra Puskesmas dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit dr Gl. Tobing”.Skripsi. UMSU. 2018

Santoso, Singgih. “Statistik Multivariat Dengan SPSS”. PT. Elex MediaKomputindo. Jakarta. 2017

Sudarni, Dwi. “Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan terhadap Mutu Layanan Rawat Inap di BRSUD Waled Kabupaten Cirebon”. Thesis.UI. 2009

Selfanay, Martha, Christian Bertom Pajung, and I. Wayan Gede Suarjana. "Hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di RSUD Cendrawasi Dobo Kabupaten Kepulauan Aru." Epidemia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Unima 2022; 47-52

Downloads

Published

2024-04-29