HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KESEHATAN PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI WILIYAH KERJA PUSKESMAS WUA-WUA KOTA KENDARI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2022

Authors

  • Decky Pasalli Universitas Halu Oleo
  • Suhadi Suhadi Universitas Halu Oleo
  • Rastika Liaran Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i1.27

Keywords:

Kualitas, Kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan merupakan suatu indikator yang diberikan oleh pemberi jasa agar memuaskan kebutuhan dan keinginan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang diberikan untuk mendapatkan pasien yang loyal (setia). Dimana pasien yang loyal akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan yang sama apabila mereka membutuhkan lagi.

Tujuan: Mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan puskesmas terhadap kepuasan pasien di wilayah kerja Puskesmas Wua-wua Kota Kendari.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Wua- wua Kota Kendari tahun 2022 yang berjumlah 4.750 KK yang dimana jumlah kelurahan sebanyak 3 kelurahan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang dimana menggunakan rumus dengan rumus alokasi proporsional sehingga menghasilkan 88 orang responden. Data di analisis dengan menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan secara statistik (P value <0,05) yaitu fasilitas Kesehatan (P value = 0,002), kehandalan (P value = 0,055), Daya Tanggap (P value = 0,002), jaminan (P value = 0,029), Empati (P value = 0,002), Bukti Fisik (P value = 0,004).

Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara fasilitas Kesehatan dengan kepuasan pasien, ada hubungan antara daya tanggap, ada hubungan antara empati, ada hubungan antara bukti fisik dan tidak ada hubungan antara kehandalan dan jaminan dengan kepuasan pasien rawat jalan.

 

References

Susanti E, Patimah, Nurjannah. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Puskesmas Suka Makmur. J Ners Nurul Hasanah. 2020;5(2):49–58.

Hariyani S. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Sako Palembang. 2020.

Astuti D. Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia J Public Heal Res Dev. 2017;1(1):51–7.

Surasdiman, Gunawan, Kadir I. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. J Manage. 2019;2(1).

Lena Fem. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Studi. Energies. 2018;6(1):1–8.

Rafidah S, Al-Kathiri F, Muhammad Yogi. Mutu Pelayanan Kesehatan. English Lang Teach. 2018;39(1):1–24.

Warda A, Junaid, Fachlevy Af. Relation Of Service Quality Perceptions With Patient Satisfaction Of Perumnas Health Community Center Kenderi. Fac Public Heal Halu Oleo Univ. 2016;123:1–10.

Hidayat Z. Puskesmas. 2019;

Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta Wahyu. J Kesehat Vokasional. 2017;2(1):140–8.

Arifin S, Rahman A, Muhyi R, Octaviana Putri A, Hadianor H. Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. J Publ Kesehat Masy Indones. 2019;6(2):40–5.

Alim A, Tangdilambi N, Badwi A. Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan Di Rsud Makassar). J Manaj Kesehat Yayasan Rsdr Soetomo. 2019;5(2):165.

Maryana M, Christiany M. Hubungan Aspek Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Citra Delima J Ilm Stikes Citra Delima Bangka Belitung. 2022;5(2):105–12.

Permatasari I. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Buton Tengah Tahun 2021. J Adm Dan Kebijak Kesehat. 2022;1(2017):2003–5.

Rofiah N. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah. J Kesehat Masy. 2019;1(2):5–15.

Subardin Ab. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Biromaru Kecamatan Sigibiromaru Kabupaten Sigi. J Kesehat Masy. 2020;20(1):80–8.

Downloads

Published

2024-04-29