HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSU BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2023

Authors

  • Nur Fitriani Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muhammad Sety Universitas Halu Oleo
  • Fikki Prasetya Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i2.44

Keywords:

Kualitas, Pelayanan kesehatan, Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati, Bukti fisik, Kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien menjadi permasalahan rumah sakit baik di Indonesia maupun di luar negeri. Rendahnya angka kepuasan pasien akan berdampak terhadap perkembangan rumah sakit. Kepuasan pasien menjadi salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan karena kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima disuatu tatanan kesehatan rumah sakit. RSU Bahteramas merupakan rumah sakit pusat rujukan di wilayah Sulawesi Tenggara yang memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien peserta BPJS dan Non BPJS. 

Tujuan: Mengetahui hubungan kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang menggunakan BPJS dan Non BPJS di RSU Bahteramas pada tahun 2023 sebanyak 7,043 pasien. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 364 responden dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji Chi Square

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan kepuasan pasien BPJS Dan Non-BPJS ditinjau dari dimensi kehandalan (0,000), empati (0,047), dan bukti fisik (0,000). Dan tidak ada hubungan kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS ditinjau dari dimensi daya tanggap (0,463), dan jaminan (0,597).

Kesimpulan: Terdapat hubungan kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS pada dimensi kehandalan, empati, bukti fisik terhadap terhadap kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, dan tidak ada hubungan pada dimensi daya tanggap dan jaminan terhadap kualotas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Diperlukan kesiapan dan kualitas layanan yang lebih baik di rumah sakit guna memenuhi tuntutan masyarakat terhadap layanan yang berkualitas.

References

Amin, R. R. D. Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Di Unit Rawat Inap Rsud Lanto Dg. Pasewang Kab. Jeneponto Prov. Sulawesi Selatan Tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). 2020.

Bella, J. N., Ogotan, M., & Londa, V. Aspek Tangible Pada Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Pembantu Di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik. 2019;1.

Eliza, Y., Lina, E., Irnovriadi, I., & Jasmalinda, J. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada RSUD Padang Pariaman. Target: Jurnal Manajemen Bisnis. 2022;1.

Imanuddin, B.Literature Review Hubungan Asuhan Keperawatan Pelayanan Bpjs Dan Pelayanan Umum Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2021 Vol 3.

Hakim, F. A., & Suryawati, C. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Darul Istiqomah Kendal. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 2019;1.

Kurniawan, F., & Kurniawati, F. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Research And Development Student. 2023;2.

Marga, I., Tjokro, S. H., & Fajriyah, N. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS terhadap Pelayanan Kesehatan. Journal of Health Management Research. 2022;2.

Psikologi Ji, Kesehatan D, Shilvira A, Fitriani Ad, Satria B. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan The Influence Of Patient Satisfaction On Return Visit Attention At General Hospital Bina Kasih Medan. Jurnal Kesmas Asclepius. 2021;1.

Putri, B. O. Analisis Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rawat Inap Berdasarkan Grafik Barber Johnson Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Bantuan 05.08. 05 Surabaya (Doctoral dissertation, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya). 2022.

Sinaga, S. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Dharmawangsa). 2019.

Situmorang, B. H., Nuriany, N., Situmorang, T. H., & Hasnidar, H. Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PBI (Penerimaan Bantuan Iuran) Rawat Inap di Puskesmas Marawola: Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PBI (Penerimaan Bantuan Iuran) Rawat Inap di Puskesmas Marawola. Maternal & Neonatal Health Journal. 2022;1.

Yanti D, Akbar F. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poli Penyakit Dalam Dirumah Sakit TK II Iskandar Muda Kota Banda Aceh. 2022;1, Journal of Health and Medical Science.

Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita, O. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius. 2021;3.

Sinaga, S. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Dharmawangsa). 2019.

Zumria, Z., Narmi, N., & Tahiruddin, T. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan.2020;1

Downloads

Published

2024-07-26