FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA KENDARI TAHUN 2023

Authors

  • Rasniyanti Rasniyanti Universitas Halu Oleo
  • Yusuf Sabilu Universitas Halu Oleo
  • Rastika Dwiyanti Liaran Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.37887/jakk.v5i2.47

Keywords:

Kompetensi teknis, Akses, Kenyamanan, Hubungan Pasien, Waktu tunggu

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan data kunjungan pasien rawat jalan poli jantung di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2021-2023 dimana data tahun 2021 yaitu sebanyak 11.564 pengunjung, pada tahun 2022 mengalami peningkatan dimana angka kunjungan pasien berjumlah sebanyak 15.658 pengunjung, dan pada tahun 2023 sampai pada bulan September mengalami penurunan dimana angka kunjungan pasien berjumlah sebanyak 7.305 pengunjung.

Tujuan: Mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan poli jantung rumah sakit umum daerah kota kendari tahun 2023.

Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan cross sectional study. Jumlah sampel sebanyak 131 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan kompetensi teknis (p=0,560), akses terhadap pelayanan (p=0,574), hubungan antar pasien dengan petugas rumah sakit (p =0,917) dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan poli jantung RSUD Kota Kendari. Sedangkan ada hubungan Kenyamana (p=0,007) waktu tunggu (p=0,005) dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan poli jantung RSUD Kota Kendari.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, hubungan pasien dengan petugas rumah sakit terhadap kepuasan pasien. Namun ada hubungan Kenyamanan, waktu tunggu dengan kepuasan pasien di unit rawat jalan poli jantung RSUD Kota Kendari. Sehingga perlu adanya pembenahan waktu pelayanan dengan meminimalkan waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan.

References

Darmin, Suci Rahayu Ningsih, Heriyana Amir, Sarman, Moh. Rizki Fauzan. Analisis Kepuasan Pasien dengan Metode Important Performance Analysis (IPA) di RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Promot J Kesehat Masy. 2022;12(1):66–76.

Buangin A, Yasnani Y, Kalza LA. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022. J Adm Kebijak Kesehat Univ Halu Oleo. 2022;3(1):1–10.

Supriyanti S, Oriza Satifa, Rifka Mardhiani. Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pendaftaran Di Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli Tahun 2022. PERISAI J Pendidik dan Ris Ilmu Sains. 2023;2(1):83–95.

Nurdiana. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Ekp. 2017;13(3):1576–80.

Prastica I. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di RSUD Kota Madium. Rabit J Teknol dan Sist Inf Univrab. 2019;1(1):2019.

Camala, Tri Ani Marwati A. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Di Masa Pandemi Covid-19. 2022;7(2).

Tanjung IM, Nadapdap T, Muhammad I. Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RS Imelda Pekerja Indonesia Medan. Inov Ris Ilmu Kesehat [Internet]. 2023;1(4):121–34. Available from: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit 1018196/jmmr2016. 2017;6(1):9–15.

Kamalia R, Fitriani AD, Nyorong M. Faktor yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Medik di RSUD Pidie Jaya. J Med. [Internet]. 2023;1(1):1–15.

Firda Maulany R, Ragil SD, Eva A. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Akses Kesehatan. Indones J Pharm Nat Prod [Internet]. 2021;04(May):142–9. Available from: http:/jurnal.unw.ac.id/index.php/ijpnp

Siahainenina M. Analisis kualitas pelayanan petugas ruang rawat inap terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Saparua. Tesis. 2020;

Surasdiman, Gunawan, Kadir I. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. J Manage. 2019;2(1):1–16.

An-Nafi’ AF. Pengaruh kenyamanan lingkungan fisik ruang rawat inap kelas iii terhadap kepuasan pasien di rsui kustati surakarta skripsi. Interes J Ilmu Kesehat. 2019;1–46.

Agritubella SM, Arif Y, Afriyanti E. Kontribusi Karakteristik Individual Perawat terhadap Kenyamanan dan Kepuasan Pasien dalam interaksi pelayanan Keperawatan. NERS J Keperawatan. 2018;13(1):15.

Hasana SN, Maidar, Arbi A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Batoh Kota Banda Aceh Tahun 2022. J Heal Med Sci. 2023;2(1):93–105.

Mutmainnah U, Ahri AR, Arman. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. J Muslim Community Heal. 2021;2(1):52–74.

Satria B. Hubungan Indikator Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poli Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Plus Perbaungan. J Penelit Kesmasy. 2021;3(2):57–62.

Hasanah U, Hermawan D, Amirus K. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit X Bandar Lampung. J Bimbing dan Konseling. 2017;07(1):53–60.

Menkes RI. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2008. Peratur Menteri Pekerj Umum Tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaat Ruang Terbuka Hijau Di Kaw Perkotaan. 2008;3.

Sary WI, Bur N, Septiyanti. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS. 2021;01(05):446–53.

Downloads

Published

2024-08-01