ANALISIS KEPUASAN PEMBERI LAYANAN KESEHATAN (PROVIDER) ASPEK GAJI, PENGAKUAN DAN KEBIJAKAN ORGANISASI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA KENDARI

Authors

  • Reni Mustiani Universitas Halu Oleo
  • Jumakil Jumakil Universitas Halu Oleo
  • Rahman Rahman

Keywords:

Kepuasan kerja, Gaji, Pengakuan, Kebijakan organisasi

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan oleh organisasi. Hal ini dikarenakan, kepuasan yang dirasakan pegawai dalam pekerjaannya akan berdampak terhadap mutu pelayanan kesehatan serta dapat meningkatkan produktivitas dan loyalitas pegawai pada organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemberi layanan kesehatan (provider) dalam upaya pengembangan mutu pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari..

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Survei analitik. Penelitian ini menggunaan desain cross-sectional. Sampel yang dijadikan reponden pada penelitian ini, sebanyak 101 orang yang bekerja diruang rawat inap RSUD kota Kendari dengan menggunakan teknik proportionate stratified rondom sampling.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa gaji (p value = 0,001 < 0,05), pengakuan (p value = 0,001 < 0,05), kebijakan organisasi (p value = 0,001 < 0,05) memiliki hubungan secara bermakna dengan kepuasan pemberi layanan kesehatan.

Kesimpulan: Pihak manajemen RSUD Kota Kendari sebaiknya melakukan evaluasi pada sistim penggajian yang berlaku dengan memberikan gaji sesuai dengan faktor tanggung jawab pegawai. Selain itu, pihak RSUD Kota Kendari sebaiknya lebih mengembangkan sistim penghargaan yang ada baik dalam bentuk materi maupun non materi, memebenahi sistim pengembangan karir yang lebih terarah, memberikan jenis pekerjaan yang sesuai minat dan bakat pegawai, mengembangkan faktor kesejahteraaan yang dierikan kepada pegawai serta menciptakan kondisi kerja yang dapat meningkatkan semangat kerja pegawai.

References

Suwuh MK, Maramis FRR, Wowor RE, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S, et al. Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas. 2018;7(3):1–8.

Lubis YH, Saragih FA, Maretta B. Pengaruh Beban, Kepuasan, Dan Stress Kerja Terhadap Motivasi Kerja Perawat: (a Systematic Review). J Kesehat Masy. 2022;10(3):372–8.

Tanjung IM, Nadapdap T, Muhammad I. Evaluasi Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RS Imelda Pekerja Indonesia Medan. Inov Ris Ilmu Kesehat [Internet]. 2023;1(4):121–34. Available from: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/

Sulistyarini N. Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Tetap Di Rumah Sakit Haji Jakarta [Internet]. Vol. 2, Slideshare.Net. 2019. Available from: https://www.slideshare.net/ALBICEE/lembar-observasi-siswa-50178674

Nisak UK. Buku Ajar Statistik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Buku Ajar Statistik Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. 2020.

Zumria, Narmi, Tahiruddin. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. J Ilm Karya Kesehat. 2020;1(1):76–83.

Data Profil RSUD Kota Kendari. 2022.

Astuti NPEW. Analisi Pelaksana Sop, Sarana Dan Prasarana, Dan Ketersediaan Tenaga Penanganan Keluhan pelayanan Kesehatan Pasien Jkn di RSUD Kota Kendari Tahun 2023. 2023;5(November):1–14. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Suhadi S, Maidin A, Palutturi S, Bahar B, Nurmaladewi N, Astuty E. Efektivitas Penanganan Keluhan Pasien Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Bahteramas Sulawesi Tenggara. Media Kesehat Masy Indones. 2019;15(4):400.

Farida PU, Hadi I, Usman RD. Gambaran Persepsi Keluarga Pasien Tentang Mutu Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Lavender Rumah Sakit Umum …. 2019; Available from: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/396/

Downloads

Published

2024-07-27